Persiapkan Diri Kalian Menuju KBKM Nasional

KBKM 2020 akan memasuki fase nasional.Pelatihan dan juga penjurian  di KBKM Regional sudah terlaksana dengan baik. Banyak benget ide yang keren muncul dan mendapat masukan dari dewan juri yang sangat berarti bagi para peserta KBKM regional.

Kami ucapkan selamat bagi tim yang lolos KBKM Nasional. KBKM Nasional menjadi puncak dari kegiatan yang akan diikuti Sahabat Budaya. Beberapa tim sudah mulai menyiapkan strategi ke depannya. Mulai dari pemantapan ide, pencarian data, mulai produksi dan realisasi produk yang telah mendapatkan masukan dari pelbagai pihak.

Amogasakti misalnya mereka mendalami ide mereka dengan mewawancarai para pegiat, budayawan wayang untuk menambah wawasan. Tim Amoghasakti membuat ide Amogasakti: Wayang Gagrak Trading Card Game. Permainan battle card ini dalam proses penjurian mendapatkan masukan seperti bagaimana karakter mereka menjadi popular seperti karakter yang sedang banyak digandrungi anak muda di Mobile Legend. Kini mereka fokus dalam pembuatan dummy produk.

Begitu juga Ruang Budaya Bura’pia, mereka mulai memproduksi tas dari Tenun Mandar. Ide prakarya mereka berdasarkan lokalitas budaya Mandar. Ruang Budaya Bura’pia fokus dalam pembuatan handicraft juga membuat katalog informatif yang menarik mengenai Tenun Mandar.

Tentu kami sudah gak sabar bagaimana mereka akan mempresentasikan ide mereka di KBKM Nasional. Persiapan matang sudah mulai dilakukan dengan berbagai aktivitas ; observasi, desain produk, wawancara, menjadikan karya mereka akan lebih matang tentunya. Persiapkan diri kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *