Apa Saja Bentuk Inisiatif Yang Dapat Sahabat Muda Kerjakan?

Sahabat Muda, ada dua gambaran inisiatif yang dapat kalian kerjakan. Pertama, kategori aplikasi; aplikasi maupun software yang dapat dikerjakan secara online maupun offline. Tentunya dengan aplikasi maupun software itu, Sahabat Muda dapat memberikan jawaban mengenai tantangan kebudayaan kekinian. Lalu seperti apa contoh bentuk inisiatif aplikasi itu? Ada berbagai aplikasi maupun software yang dapat memudahkan orang-orang dalam kehidupan sehari-hari yang bersifat edukatif misalnya aplikasi pelaporan persekusi, game online ataupun matchmaking tempat pertunjukan. Kedua, kategori prakarya; kriya fisik maupun hardware. Tentunya dengan prakarya maupun hardware itu Sahabat Muda juga dapat menjawab tantangan kebudayaan kekinian. Misalnya mesin memindai lontar, board game bertema sejarah, atau robot pembaca puisi. Jadi mulai sekarang yuk, pikirkan lebih matang lagi bentuk inisiatif yang dapat Sahabat Muda kerjakan.

Contoh Aplikasi yang dapat Sahabat Muda Kerjakan?

Hallo Sahabat Muda, tentu kalian lagi mikirin banget bagaimana sebetulnya karya aplikasi yang dapat kalian kerjakan. Ada beberapa contoh aplikasi yang menarik banget dan dapat kalian jadikan inspirasi. Misalnya saja nih, bagi kalian yang seneng banget main game bergenre petualangan, ada game moba “Lokapala” yang mengambil latar sejarah Nusantara. Kalian dapat menggunakan berbagai karakter pahlawan dari kerajaan Majapahit, Sriwijaya dan juga kerajaan kuno Nusantara lainnya. Ada lagi nih aplikasi yang keren banget nan edukatif, Aplikasi Mari Belajar Budaya Nusantara yang memfasilitasi distance learning dengan menampilkan objek pemajuan kebudayaan dalam desain yang kece bagi anak muda. Kalian dapat langsung mengenal berbagai rumah adat, makanan daerah, alat musik dan tarian daerah.

Contoh Prakarya yang dapat Sahabat Muda Kerjakan?

 

Sahabat Muda sebetulnya gak perlu pusing mikirin seperti apa contoh prakarya itu. Prakarya atau kriya fisik dapat Sahabat Muda kerjakan dengan ide yang sederhana, menyenangkan dan keseharian. Bagi Sahabat Muda yang senang banget dengan permainan berbasis kartu, Boardgame Lini Masa adalah permainan yang sangat menarik. Boardgame Lini Masa adalah permainan kartu yang bercerita mengenai sejarah proklamasi. Dalam permainan ini Sahabat Muda dapat gambaran visual ilustrasi artistik para tokoh bangsa seperti Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Chaerul Saleh dan Wikana yang terlibat dalam peristiwa penting proklamasi. Nah bagi Sahabat Muda yang senang utak-atik peralatan elektronik ada contoh prakarya Klungbot yaitu “angklung robot” yang didesain dengan menghubungkan tuas penggerak dengan pembuat getaran yang dikontrol lewat komputer. Keren bukan? Ayo coba dari sekarang ide kalian!

Bagaimana Penilaian Aplikasi dan Prakarya ?

Sahabat Muda untuk dapat memudahkan kalian dalam menyusun ide aplikasi dan prakarya, poin-poin di bawah ini dapat kalian jadikan acuan.

  1. Pemahaman tentang pemajuan kebudayaan

Dalam poin ini Sahabat Muda dinilai dari ide kalian mengenai pengembangan, pembinaan, pemanfaatan dan perlindungan pemajuan kebudayaan.

  1. Identifikasi masalah pemajuan kebudayaan yang mau dipecahkan

Dalam poin ini, Sahabat Muda dinilai sejauh mana kalian akrab dengan masalah kebudayaan dan yang akan dipecahkan melalui proposal ide serta keaktualan permasalahan kebudayaan di PPKD yang Sahabat Muda pilih atau Daftar Masalah Umum (DMU).

  1. Deskripsi ide pemecahan masalah

Dalam poin ini Sahabat Muda dinilai sejauh mana ide kalian tentang inisiatif yang diharap dapat memecahkan masalah tergambar dengan jelas. Sejauh mana ide kalian itu dapat direalisasikan dalam jangka waktu KBKM 2020. Serta ide tersebut dapat secara fleksibel diperbesar dan diperkecil.

  1. Identifikasi langkah kerja

Dalam poin ini, pastikan Sahabat Muda dapat menjabarkan ide inisiatifnya dalam tahap-tahap kerja yang terpilah. Sejauh mana kalian dalam merancang tahap-tahap tersebut realistis sepanjang pelaksanaan KBKM 2020. Dan tentunya tahap-tahap kerja yang sudah Sahabat Muda susun itu mencerminkan pembagian kerja yang adil dalam kelompok.

  1. Identifikasi hasil dan dampak

Dalam poin ini Sahabat Muda mesti perhatikan dengan baik mengenai keluaran (output) dan dampak (impact) dari inisiatif yang sudah kalian susun. Menjawab masalah yang sudah kalian identifikasi sejak awal dan pastikan dampak inisiatif yang kalian bayangkan dapat menggerakan partisipasi yang luas dalam pemajuan kebudayaan.